KEGIATAN LOMBA KREASI DAUR ULANG SAMPAH TP 2022/2023

 LOMBA KREASI DAUR ULANG SAMPAH

DALAM RANGKA CLASMEETING TP 2022/2023


   Lomba ini telah dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Juni 2023, dalam rangka clasmeeting yang di Gedung utama SMK Ma'arif NU 1 Purbolinggo, dengan penyelenggaranya adalah team ekstrakurikuler kewirausahaan.
Sampah baik itu sampah organik maupun non organik banyak kita temui disekitar kita. Namun masih banyak dari kita mengabaikan keberadaannya, salah satunya dengan menganggap remeh sampah sampai membuangnya di sembarang tempat sehingga memberikan dampak yang kurang baik bagi lingkungan.
 
    Oleh sebab itu, dengan diadakannya lomba ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran siswa/i SMK Ma'arif NU 1 Purbolinggo untuk memanfaatkan sampah organik maupun non organik menjadi produk kreatif yang memiliki nilai lebih.

Berikut juknis kegiatannya :

A.       KETENTUAN LOMBA

1.      Karya harus terbuat dari sampah/ barang bekas baik sampah organik/non organik (bukan barang baru) yang berupa sampah misalnya, botol dan gelas plastik, kresek, jerigen, bambu, kayu, kulit jagung dsb.

2.    Tidak menggunakan bahan dari besi, logam, kaca atau yang menagndung logam berat dan limbah B3 seperti plastik bekas infus atau obat, bekas tinta, bekas spet suntik dll.

3.      Peserta terdiri dari 3 orang/kelompok (masing-masing kelas wajib mengirimkan 1 kelompok dan maksimal 2 kelompok)

4.      Peserta membawa bahan sampah daur ulang dan peralatannya sendiri

5.     Technical meeting akan dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh anggota IPNU/IPPNU SMK Ma'arif NU 1 Purbolinggo

6.     Bagi Peserta yang ingin mendaftarkan kelompoknya bisa menghubungi panitia lomba :

         Ibnu Mahbub                             : 0882 7672 0555

           Jelita Aprilia Cahyanti    : 0822 8926 2405

 

B.      KRITERIA LOMBA

1.         Hasil karya merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah diikutkan dalam lomba sejenis

2.      Karya tidak mengandung unsur SARA  dan Pornografi

3.      Peserta mempersiapkan bahan baku mentah dan peralatan lainnya yang dibutuhkan

4.      Peserta membuat produk di tempat lomba yang sudah disiapkan (30% prosesnya bisa disiapkan sebelum loba berlangsung)

5.      Waktu pengerjaan maksimal adalah 120 menit

6.      Setiap peserta membuat satu produk karya daur ulang dan produk diserahkan kepada panitia

7.       Hasil karya daur ulang dipresentasikan secara bergantian dengan durasi maksimal adalah 5 menit/kelompok

8.      Kriteria produk daur ulang

·        Bahan baku yang digunakan

·        Inovasi produk yang ditampilkan

·        Kreatifitas produk yang ditampilkan

·        Manfaat dan nilai dalam kehidupan

·        Display atau tampilan produk

·        Nilai Jual Produk

9.      Panitia dapat mendiskualifikasi peserta jika diketahui terdapat kecurangan, baik dalam tahap penjurian maupun penentuan pemenang.

 

C.      Kriteria Penilaian

1.         Utilitas (20%), utilitas (kegunaan) adalah aspek penilaian yang menitik beratkan pada fungsi bagi masyarakat luas sehingga masyarakat luas merasa terbantu dengan munculnya alat tersebut dengan kegunaannya.

2.      Kreativitas (25%), Kreatifitas adalah aspek penilaian yang memperhatikan sisi kreativitas peserta dalam menciptakan sebuah produk baru

3.      Originalitas (30%), Originalitas (keabsahan) adalah aspek penilaian yang memperhatikan alat daur ulang dan dimanfaatkan kembali.

4.      Nilai Jual Produk (25%), adalah aspek penilaian yang memperhatikan nilai jual produk sehingga produk yang dihasilkan nantinya dapat diproduksi dan dipasarkan.

 

D.      Penjurian dan Hadiah

Hadiah

Juara I, II dan II akan mendapatkan Tropi, Piagam dan Uang Pembinaan.

Penjurian :

·        Juri sebanyak tiga orang

·        Penjurian, pengumuman pemenang,  dan Penyerahan uang pembinaan serta piala akan dilaksanakan setelah semua pelaksanaan lomba selesai

·        Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat

Komentar

Postingan Populer